Selamat Datang di Galeri Aseli Kaos Kediri
"... Meski aku tak bisa memakai kaos saat berangkat kerja karena satpam kantor pasti mengusir diriku. Begitu juga kala aku masuk sekolah, kuliah, saat dinas ataupun acara resmi lainnya. Namun aku tetap bisa menikmati kaos dengan rasa nyaman saat waktu santai tiba. Kaos memang fenomenal meski mengalami penolakan. Aku mencintai kaos tanpa tahu bagaimana, sejak kapan, dan dari mana. Aku terus terang mencintai kaos tanpa kerumitan atau kebanggaan. Aku mencintai kaos karena aku tahu tidak ada cara lain. ..." Kaos Kediri

Cara Sablon Kaos Bagi Pemula

Diposkan oleh : Admin , pada 10 Desember 2012

Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri

Setelah sebelumnya memposting artikel tentang Cara Sederhana Afdruk Screen Sablon, kali ini Aseli Kaos Kediri akan mencoba memberikan tutorial Cara Sablon Kaos bagi pemula. Kami berharap, keahlian sablon kaos sangat membantu Anda untuk berwiraswasta dengan mencoba peluang bisnis kaos.

A. PERSIAPAN CETAK SABLON
Pertama-tama yanga Anda harus siapkan adalah bahan dan alat untuk menyablon kaos yang diantaranya adalah :
1. Kaos yang akan dicetak (Warna Putih atau terang)
2. Papan tripleks sesuai besar kaos
3. Rangka/screen dengan gambar yang sudah diafdruk (lihat cara afdruk)
4. Rakel yang sudah terpasang di pegangan rakel
5. Tinta sablon tekstil
6. Beberapa lembar plastik dan lakban
7. Kain katun perca & air secukupnya untuk lap sisa tinta.

Posisi Menyablon
Kaos Kediri
Hasil Sablon
Kaos Kediri

B. PROSES CETAK SABLON
1. Siapkan kaos. Masukkan tatakan tripleks ke dalam kaos agar tinta tidak merembes ke bagian belakang kaos dan menstabilkan kaos waktu disablon.
2. Letakkan rangka / screen / kasa sablon di atas kaos. Posisikan gambar sesuai dengan keinginan perancang. Bila warna lebih dari satu, tutupi gambar yang lain dengan selembar plastik dan selotip secukupnya.
3. Posisikan rangka screen sesuai rancangan.
4. Tuang tinta di tepi gambar bagian atas dari anda menghadap obyek. Selanjutnya, tarik cat sablon tersebut ke arah ke bawah menggunakan rakel dengan tekanan yang rata, cukup satu kali tarikan.
5. Sablon kaos telah selesai bila Anda cuma menghendaki satu warna sablon dan lihat hasilnya dengan mengangkat rangka screen perlahan-lahan. Berikutnya keringkan kaos tersebut.

Warna Kedua dan seterusnya
6. Bersihkan/cuci tinta dari rangka dan siapkan gambar bagian berikutnya serta tutup bagian lain dengan plastik dan selotip.
7. Letakkan kaos yang sudah disablon dengan warna pertama pada meja sablon yang telah ditentukan. Sekali lagi, penempatan screen harus tepat agar hasilnya prima.
8. Atur hasil sablonan dan ulangi step 2 – 4 diatas untuk warna kedua.
7. Ulangi proses menyablonan sampai selesai hingga warna terakhir yang Anda kehendaki.

Mudah bukan ? Yang penting waktu meletakkan gambar di screen untuk “menyablon warna kedua dan seterusnya” posisinya harus tepat. Bila semua kaos sudah tersablon, tunggu sampai tinta betul-betul kering sebelum kaos dilipat untuk dikirimkan ke pemesan. Kalau perlu Anda lakukan pengeringan dan Jangan lupa segera bersihkan screen sebersih mungkin dari tinta sablon.

C. PROSES PASCA CETAK SABLON
Ada tiga hal (bisa lebih) yang biasanya perlu anda lakukan setelah anda selesai melakukan pencetakan, yaitu :
Proses Drying
Setiap tinta cetak memerlukan waktu untuk mengering dengan sempurna, bahkan bila anda memegang tinta tersebut dan permukaannya anda rasa telah mengering, belum tentu tinta tersebut telah kering dengan sempurna. Oleh karena itu penting untuk mengenal karakteristik tinta cetak yang anda gunakan. Untuk proses ini anda dapat melakukannya dengan melalui proses alami (penjemuran) atau dengan bantuan mesin (kipas angin, blower, dsb).
Proses Curing
Proses ini memerlukan alat–alat yang khusus untuk dapat mengeringkan jenis–jenis tinta tertentu. Seperti misalnya tinta jenis plastisol yang perlu melalui proses pemanasan dalam temperatur yang sangat panas (sekitar 143 – 166 derajat Celcius), dengan menggunakan mesin conveyer atau flash heater. Untuk Tinta Karet / GL / Rubber, juga memerlukan proses curing, dengan menggunakan mesin hot press yang dapat diatur panas temperaturenya (sekitar 110 – 130 derajat Celcius).
Proses Burning/Pengopenan
Ada juga jenis–jenis tinta tertentu yang membutuhkan treatment seperti ini, pada dasarnya proses ini membakar/memanggang tinta tersebut sehingga mencapai titik pengeringan yang sempurna.

Catatan :
- Banyak praktisi sablon yang sering mengabaikan atau tidak melakukan proses ini dengan cara yang benar, sehingga mengakibatkan buruknya mutu hasil cetak. Bila hasil cetak sablon ternyata pecah–pecah, luntur, pudar, dsb., mungkin ada yang salah dengan tahapan pengeringan atau curing yang anda lakukan.
- TIPS. Ada manfaatnya bila anda berlatih dulu sebelum menyablon ke kaos pesanan. Anda bisa berlatih di kaos yang sedang Anda pakai sendiri misalnya. Semakin banyak anda berlatih semakin lancar prosesnya, terutama saat menarik rakel untuk meratakan tinta sablon di screen.
- Segera bersihkan rangka screen dari tinta sablon yang masih tersisa bila telah selesai. Hal ini harus dingat supaya screen tak rusak dan bisa dipergunakan kembali.

BATIK JERSEY TENUN IKAT Kaos Kediri Kediri Kuliner Prediksi Bola