Selamat Datang di Galeri Aseli Kaos Kediri
"... Meski aku tak bisa memakai kaos saat berangkat kerja karena satpam kantor pasti mengusir diriku. Begitu juga kala aku masuk sekolah, kuliah, saat dinas ataupun acara resmi lainnya. Namun aku tetap bisa menikmati kaos dengan rasa nyaman saat waktu santai tiba. Kaos memang fenomenal meski mengalami penolakan. Aku mencintai kaos tanpa tahu bagaimana, sejak kapan, dan dari mana. Aku terus terang mencintai kaos tanpa kerumitan atau kebanggaan. Aku mencintai kaos karena aku tahu tidak ada cara lain. ..." Kaos Kediri

Macam-macam Screen Sablon dan Penggunaannya

Diposkan oleh : Admin , pada 08 Desember 2012

Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri

Kaos Kediri
Sebelum mempelajari teknik menyablon kita terlebih dulu mengenal alat yang diperlukan untuk meyablon. Alat utama dalalam sablon manual adalah screen dengan bingkainya, catok, rakel, pelapis atau coater, meja cetak, hair dryer, kipas angin, penyemprot air atau handspyer.

Screen Kain monil disebut juga kain gasa atau screen, yaitu kain yang berpori halus yang digunakan untuk proses penyaringan tinta dalam proses sablon. Besarnya tinta yang keluar ditentukan dari kerapatan pori-pori kain, semakin besar pori-pori kain semakin besar pula tinta yang keluar. Berikut ini penggunaan screen berdasarkan nomor :

1. Screen 48 T – 55 T
Screen kasar ini memiliki lubang pori-pori cukup besar, sehingga mampu menyalurkan tinta dalam jumlah yang cukup banyak dan tebal. Biasa digunakan untuk media handuk, selimut, karpet dan karung.

2. Screen 62 T
Karena lubang pori-porinya cukup besar maka baik digunakan untuk sablon dasar kaos, sablon dengan teknik foaming, sablon untuk mendapatkan ketebalan tertentu, sablon untuk lem stiker.

3. Screen 77 T
Digunakan untuk menyablon kaos terutama untuk desain yang kecil atau desain raster, baik juga digunakan untuk membuat spanduk.

4. Screen 90 T
Baik digunakan untuk beberapa kain tekstil yang bertekstur halus seperti kain saten dan sutera.

5. Screen 120 T
Digunakan untuk menyablon karton, seng, kayu, kulit, dan kayu.

6. Screen 150 T
Digunakan untuk menyablon kertas dan stiker.

7. Screen 165 T
Screen ini tergolong screen dengan lubang pori-pori halus, baik untuk menyablon plastik, logam dan kaca.

8. Screen 180 T
Biasa digunakan untuk mencetak plastic dan bahan-bahan yang bertekstur sangat halus.

9. Screen 200 T
Biasa digunakan untuk mencetak pada media plastic dengan teknik raster.

Untuk membentangkan screen supaya dapat digunakan untuk proses sablon diperlukan bingkai. Umumnya bingkai berbentuk kotak, tapi ada juga yang berbentuk melengkung atau bentuk lainnya, disesuaikan dengan media cetaknya. Untuk yang menggunakan media datar bingkai kotak biasa digunakan, tapi untuk media yang lengkung seperti ember atau drum maka diperlukan variasi bingkai yang melengkung.

Sebaiknya bingkai terbuat dari bahan yang stabil, tidak mudah susut, kuat ringan, dan tahan terhadap zat kimia. Aluminium sangat baik digunakan untuk produksi masal, karena sangat stabil dan kuat. Untuk bingkai kayu gunakanlah kayu yang benar-benar kering sehingga tidak mudah susut, kuat dan ringan. Salah satu kayu yang baik diguanakan adalah kayu rasamala. Kayu ini kuat, ringan dan tahan terhadap zat kimia. Kaos Kediri Kediri Kuliner Prediksi Bola