Selamat Datang di Galeri Aseli Kaos Kediri
"... Meski aku tak bisa memakai kaos saat berangkat kerja karena satpam kantor pasti mengusir diriku. Begitu juga kala aku masuk sekolah, kuliah, saat dinas ataupun acara resmi lainnya. Namun aku tetap bisa menikmati kaos dengan rasa nyaman saat waktu santai tiba. Kaos memang fenomenal meski mengalami penolakan. Aku mencintai kaos tanpa tahu bagaimana, sejak kapan, dan dari mana. Aku terus terang mencintai kaos tanpa kerumitan atau kebanggaan. Aku mencintai kaos karena aku tahu tidak ada cara lain. ..." Kaos Kediri

Tahapan Teknik Dasar Sablon Manual

Diposkan oleh : Admin , pada 12 Desember 2012

Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri Kaos Kediri

Berikut Tahap-tahap Sablon Kaos :

1. Tahap Seting Gambar / Design
Siapkan gambar yang akan di sablon sebelum dicetak sablon, kemudian edit berdasarkan warna masing-masing, dalam hal ini biasanya menggunakan program coreldraw dan atau photoshop.

2. Tahap Pra-Afdruk (sebelum pefilm-an)
Tahap ini meliputi pembersihan dan persiapan rangka screen. Dalam pembersihan dan persiapan screen, alat-alat yang dibutuhkan adalah :
a. Sabun colek
b. Air
c. Kain spon

Pertama-tama rangka screen sablon kita cuci menggunakan air dan sabun kemudian kita usap dengan menggunakan kain spon. Setelah kita cuci, screen harus kita keringkan dengan menjemurnya di sinar matahari, hal ini perlu karena sebelum di afdruk screen harus benar-benar bersih dan kering.

3.Tahap Afdruk (pefilm-an)
Tahap ini meliputi pemberian obat, pembakaran atau penyinaran screen/pefilm-an, dan pencucian obat pada screen. Di dalam tahap pemberian obat kita membutuhkan alat-alat antara lain berupa:
a. Screen
b. Obat afdruk
c. Kipas angin/blower/hairdryer
d. Alat perata screen/coater

Pertama-tama kita siapkan obat afdruk dengan cara campur cairan merah dan putih (dosis sesuai anjuran di kotak box-nya). Setelah obat tersebut tercampur dengan rata tuangkan sedikit demi sedikit pada screen dan ratakan setipis-tipisnya, kemudian screen tersebut kita keringkan dengan menggunakan kipas angin atau blower. Di dalam pengeringan ini screen tidak boleh terkena sinar matahari untuk itu dianjurkan pengeringan di ruang tertutup agak gelap.

Selanjutnya, setelah kering kita memasuki tahap pembakaran screen atau pefilm-an. Di tahap ini kita membutuhkan alat-alat antara lain berupa :
a. Kaca
b. Gambar yg telah diedit
c. Screen (Rangka Scren)
d. Kain dengan warna hitam/kertas hitam
e. Busa/Spon penutup screen
f. Papan triplek

Pertama kita ambil papan terlebih dahulu, taruh busa di atas papan kemudian taruh kain warna hitam di atas busa tersebut. Setelah itu kita ambil screen yang telah kita siapkan kemudian taruh screen diatas kain berwarna hitam, kemudian kita ambil gambar yang telah diedit dan tempel diatas screen. Sebelum gambar tersebut kita tempel di screen, terlebih dahulu kita olesi dengan minyak goreng, hal ini dilakukan agar kertas pada gambar akan tembus sinar. Setelah itu taruh kaca diatas screen. Untuk lebih jelasnya urutan dari bawah ke atas adalah :
- papan
- busa screen
- kain berwarna hitam
- screen
- gambar
- kaca

Setelah itu baru kita sinari screen. Di dalam penyinaran waktu yang dibutuhkan antara 5 sampai 15 detik. Sinari screen menggunakan 2 buah lampu neon 20w, kira-kira selama 5 – 10 menit. Apabila menggunakan sinar matahari cukup 10 – 15 detik saja. Proses Penyinaran ini tidak boleh terlalu lama ataupun terlalu sebentar. Jika terlalu lama, ditakutkan seluruh permukaan akan terlalu matang, sehingga area screen yang harusnya tetap bolong akan susah untuk dirontokkan obat afdruknya. Jika terlalu sebentar hasilnya akan kebalikannya, area screen yang harusnya tetap tertutup obat afdruk malah mudah rontok ketika dilakukan penyemprotan.

Proses Penyinaran
Kaos Kediri
Penyemprotan Paska Penyinaran
Kaos Kediri

Setelah screen kita sinari, maka screen tersebut mesti kita cuci untuk membersihkan berkas-berkas obat. Dalam pencucian kita membutuhkan alat penyemprot, alat ini digunakan untuk membersihkan obat yang tersisa di sela-sela gambar yang terdapat pada screen.

4. Tahap Penyablonan
Pada tahap ini, alat-alat yang kita butuhkan antara lain :
a. Screen (yang telah difilm)
b. Minyak cat
c. Cat
d. Meja sablon
d. Pengunci screen
e. Rakel (alat pembesut)
f. Kertas/Kain/Kaos/Plastik yang akan disablon

Pertama-tama ambil screen dan kunci screen pada meja berkaca lalu persiapan untuk cat-nya campur minyak cat dengan cat. Setelah itu taruh kertas atau kain yang akan disablon diatas meja berkaca, tuang cat pada screen secukupnya kemudian besut menggunakan rakel, maka jadilah hasil sablonan.

5. Tahap Penghapusan Film
Pada tahap ini kita membutuhkan obat pencuci film. Pertama-tama basahi screen dengan air lalu tuang obat pencuci screen pada screen gosok dengan menggunakan kain spon, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan dijemur di sinar matahari. Demikianlah tahap-tahap melakukan sablon secara manual. Semoga sukses...
BATIK JERSEY TENUN IKAT Kaos Kediri Kediri Kuliner Prediksi Bola